FRESHWATER PLAZA : Emergent Architecture

on Minggu, 08 Maret 2009

Terkait dengan pertanyaan di post sebelumnya mengenai architecture emergent maka mari kita tilik sebentar mengenai salah satu proyek bangunan emergent architecture, yaitu Freshwater Plaza.

Proyek ini termasuk salah satu proyek Abu Dhabi yang dimulai pada tahun 2008. Proyek ini dikerjakan oleh Josh Sprinkling, Ana Kerdel, dan Peter Cha. Tom Wiscombe menjadi penasihat di proyek ini.

Wow...itu kata- kata pertama yang keluar mengenai proyek ini. Dari sisi bentuk bangunan ini sudah mengesankan. Tetapi apa yang lebih mengesankan lagi adalah mengenai konsep proyek ini.

Desalinasi Air atau proses mengurangi kadar garam dalam air (sehingga air laut dapat digunakan). Inilah inti seluruh bangunan ini. Semua bagian berkaitan dengan satu konsep utama ini. Atau menurut pandangan saya, bangunan inilah desalinator itu sendiri.

Oke. Sekarang kita tilik satu persatu bagian dari bangunan ini :

Bagian ini merupakan bagian di mana air laut masuk. Air laut yang masuk akan disemprotkan ke dalam bagian ini dimana di dalamnya berisi dengan udara hangat.

Atap kaca yang ada tidak hanya digunakan sebagai tempat masuknya cahaya tetapi lebih difungsikan untuk memberikan kehangatan tambahan pada pipa - pipa tempat air laut masuk tadi. Karena suhu yang mencukupi, maka udara di dalam pipa semakin bertambah lembab.
Pipa penuh dengan udara yang lembab tadi berpindah ke pipa kapiler. Di dalam pipa ini, udara dikondensasikan menjadi air kembali dan langsung menuju tangki penyimpanan air yang terdapat di basement.

Sebelum mengakhiri postingan ini ada baiknya mengetahui latar belakang dari desain bangunan ini. Bangunan ini merupakan bangunan public space dengan konstruksi dan struktur yang fungsi utamanya sebagai desalinator air. Hal ini dimaksudkan untuk membangun kesadaran manusia akan betapa berharganya air selain juga menunjukkan bahwa pemikiran biologi untuk memecahkan masalah global.

sumber :
http://emergentarchitecture.com/projects.php?id=21
sumber gambar:

http://emergentarchitecture.com/project_images/project_21/large2.jpg
http://emergentarchitecture.com/project_images/project_21/large5.jpg
http://emergentarchitecture.com/project_images/project_21/large6.jpg
http://emergentarchitecture.com/project_images/project_21/large7.jpg

2 komentar:

Anonim mengatakan...

woww.. saya mulai dong dengan postinganmu yang terakhir..
menurut saya, emergent architecture itu ga "tiba-tiba" bgt qk, pasti ada perencanaan dan penelusuran dapet idenya bener ga?
yg dimaksud dngn emergent nya di bagian yg mana y??

btw, ada software yang bisa mepermudah penerapan emergent architecture ini ga yo?? oke tuh..

Unknown mengatakan...

ooow,,,,

gitu tow jo,,

ic ic

nah itu,,sama kay komen diatas,,
ada ga sih software buat bikin nya emergent architecture ?
kay smua blog yang mmembahas ini pada masukin software software nya ..

Posting Komentar